Anda setuju dengan Blog ini ? Kalau ya, silahkan Klik !

Senin, 26 November 2012

DOWNLOAD GERHANA BULAN METODE NURUL ANWAR

diantara metode hisab tahqiqi Adalah kitab Nurul Awal Yang dikarang oleh Kh. Noor Ahmad Pecangaan Jepara Jawa tengah.


kitab beliau memuat perhitungan Awal Bulan Qomariyah, Gerhana bulan dan Gerhana matahari



DOWNLOAD GERHANA BULAN METODE NURUL ANWAR

 DOWNLOAD KALENDER HIJRIAH METODE NURUL ANWAR

  DOWNLOAD GERHANA BULAN METODE NURUL ANWAR (versi 2)

DOWNLOAD GERHANA MATAHARI METODE NURUL ANWAR


GERHANA MATAHARI (SISTEM EPHEMERIS HISAB RUKYAT)

Gerhana matahari akan terjadi pada saat ijtima’ dimana matahari dan bulan berada pada titik simpul atau di dekatnya. Sedangkan gerhana bulan akan terjadi saat istiqbal di mana bulan berda pada titik simpul atau di dekatnya dan matahari berada pada 180o dari posisi bulan.
Bidang Lintasan bumi dan bidang ekliptika membentuk sudut 0o karena kedua bidang ini berimpit. Sedang bidang lintasan bulan membentuk sudut 5o 8’ dengan bidang ekliptika. Oleh karena itu tidak di setiap ijtima’ akan terjadi gerhana matahari dan tidak setiap istiqbal akan terjadi gerhana bulan.
Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu menutupi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

DOWNLOAD GERHANA MATAHARI METODE EPHEMERIS

Gerhana matahari ada tiga macam, yaitu gerhana matahari cincin, total dan sebagian.
1: Matahari                              4: Gerhana Matahari Total
2: Bumi                                    5: Gerhana Matahari Sebagian
3: Bulan                                   6: Gerhana Matahari Cincin


Gerhana Matahari total terjadi saat jarak bulan dekat dengan bumi pada saat puncak gerhana, sehingga kerucut bayangan umbra bulan menyentuh permukaan bumi. Pada saat itu piringan Matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Hal ini dikarenakan, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.


Gerhana sebagian terjadi apabila jarak bulan dekat dengan bumi saat puncak gerhana, sehingga kerucut bayangan umbra bulan menyentuh permukaan bumi. Tetapi matahari dan bulan tidak segaris sehingga piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.


Gerhana cincin terjadi apabila jarak bulan jauh dengan bumi saat puncak gerhana, sehingga kerucut bayangan umbra bulan tidak menyentuh permukaan bumi. piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
Pada dasarnya perhitungan gerhana Matahari adalah menghitung kapan terjadinya kontak gerhana. Momen terjadinya gerhana matahari berdasarkan urutan terjadinya kontak adalah:
Kontak I adalah saat piringan bulan dan piringan matahari mulai bersinggungan. Kontak I ini menandai dimulainya peristiwa gerhana.
Kontak II adalah saat pertama seluruh piringan matahari tertutup oleh piringan bulan (untuk peristiwa gerhana matahari total), atau saat seluruh piringan bulan seluruhnya berada 'di dalam' piringan matahari (untuk peristiwa gerhana matahari cincin). Kontak II ini menandai dimulainya fase total (untuk gerhana matahari total), atau fase cincin (untuk gerhana matahari cincin)
Puncak gerhana adalah saat jarak antara pusat piringan Bulan dan pusat piringan Matahari mencapai minimum.

1 komentar: